Pulau di Eropa ini Kelebihan Listrik dari Energi Terbarukan!

Pulau Orkney, terletak sejauh 10 mil di utara dari dataran utama Skotlandia. Pulau dengan kondisi cuaca sangat berangin dan memiliki ombak besar. Dulunya pulau ini sangat bergantung pada pasokan listrik dari dataran utama Skotlandia. Listrik dipasok melalui kabel bawah laut, sumber listrik dari dataran ini merupakan hasil dari pembakaran batu bara dan fosil yang kemudian digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Rumah Penduduk di Orkney, Skotlandia, sumber: BBC

Hingga awal 1980an, berawal dari keinginan Pemerintah Inggris untuk meneliti bagaimana menghasilkan listrik dari turbin angin, di Pulau Orkney dimulai lah penelitian yang didanai sepenuhnya oleh Pemerintah. Sayangnya kemudian penelitian ini tidak dilanjutkan setelah beberapa tahun. Penduduk di Orkney kemudian beinisiatif secara sukarela untuk memanfaatkan beberapa kincir angin untuk dijadikan sumber energi listrik bagi rumah mereka. inisiatif ini kemudian menyebar ke penduduk lain karena melihat peluang dengan melimpahnya sumber angin di pulau ini.

Liputan Tom Scott di Pulau Orkney, sumber: YouTube

Normalnya listrik yang dihasilkan oleh pembangkit listrik sebaiknya seimbang dengan jumlah kebutuhan listrik yang ada di sebuah daerah, jika pasokan listrik lebih kecil ataupun lebih besar dari kebutuhan, dikhawatirkan dapat merusak sistem penyaluran listrik di dareah tersebut. Masalah inilah yang sedang dihadapi di Pulau Orkney, dengan jumlah turbin angin yang melimpah, Pulau Orkney menghasilkan listrik sebesar 120% lebih besar dari kebutuhan mereka sendiri.

Masalah ini sebenarnya bisa diatasi dengan menyalurkan kelebihan pasokan listrik ke dataran utama di Skotlandia, namun biaya pembangunan infrastruktur untuk menyalurkan listrik ini sangatlah besar dan tidak akan menghasilkan keuntungan yang besar.

Ide penyelasaian masalah ini kemudian muncul setelah Penduduk Orkney berkeja sama dengan European Marine Energy Centre pada 2017, untuk memulai program produksi hidrogen. Sebagaimana diketahui bahwa untuk memproduksi hidrogen dengan memisahkan air menjadi hidrogen dan oksigen membutuhkan energi listrik yang sangat besar. Dengan kelebihan listrik yang dihasilkan di Orkney, maka kelebihan ini bisa digunakan untuk memproduksi hidrogen. Program ini juga akan meneliti bagaimana menemukan solusi untuk memproduksi hidrogen dengan memakai energi yang lebih sedikit di masa depan.

Penelitian sumber energi listrik dari gelombang dan ombak di Orkney, Sumber: The Guardian

Tidak hanya berhenti pada turbin angin dan produksi hidrogen, saat ini di Pulau Orkney juga menjadi tempat penelitian penggunaan gelombang dan ombak sebagai sumber energi listrik baru di masa depan. Disini juga diadakan penelitian pemanfaatan energi listrik untuk bus sekolah, mobil pribadi, hingga rencana untuk menjadikan kapal ferry mereka bertenaga listrik atau hidrogen dalam beberapa tahun ke depan.

Pelajaran yang bisa diambil dari Pulau Okrney adalah inisiatif untuk beralih menggunakan sumber energi ramah lingkungan tidak harus bergantung pada kebijakan pemerintah atau dari kota. Masyarakat di daerah bisa memulai dengan memikirkan dahulu peluang sumber energi apa yang bisa dimanfaatkan di daerah mereka. Seperti contoh Orkney yang berada di daerah yang memiliki angin yang kuat, maka peluang energi dari turbin angin merupakan pilihan. Ada energi lainnya seperti surya, panas bumi, ombak yang bisa menjadi pilihan lainnya.

Hibatul Wafi Khosy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s