Penulis Terkemuka dari Sejarah Eropa

Kata-kata tertulis telah berkembang menggantikan sebagian besar tradisi lisan di Eropa. Hal tersebut merupakan suatu perkembangan yang dapat dimengerti mengingat betapa cepat dan meluasnya transmisi cerita ketika ditulis, bahkan lebih banyak lagi bila dicetak. Eropa telah menghasilkan banyak penulis berbakat, orang-orang yang meninggalkan jejak pada budaya dan yang karyanya masih dibaca hingga saat ini.

Berikut daftar penulis terkenal dari Eropa yang disusun secara kronologis, di antaranya :

Homer c. Abad ke-8/9 SM

The Iliad dan Odyssey merupakan dua puisi epic paling penting dalam sejarah barat, keduanya memiliki efek mendalam pada perkembangan seni dan budaya tertulis. Secara tradisional puisi-puisi tersebut dianggap berasal dari penyair Yunani Homer, meskipun ia mungkin hanya menulis dan membentuk karya-karya yang telah menjadi memori lisan leluhurnya. Konon, dengan menuliskannya seperti yang ia lakukan, Homer mendapatkan tempat sebagai salah satu penyair terbesar di Eropa.

Sophocles 496 – 406 SM

Sophocles merupakan seorang pria terdidik dari keluarga kaya dan menjabat di beberapa peran dalam masyarakat Athena, termasuk peran sebagai komandan militer. Ia juga penulis drama, memasuki dan memenangkan elemen drama festival Dionysian lebih dari 20 kali dan lebih memenangkan lebih dari orang-orang terhormat lainnya di zamannya. Genre yang ia tulis adalah tragedi, di mana hanya tujuh karya utuh yang bertahan, termasuk Oedipus the King, yang dirujuk oleh Freud ketika menemukan kompleks Oedipus.

Aristophanes c. 450 – c. 388 SM

Aristophanes merupakan seorang warga negara Athena yang menulis selama era Perang Peloponnesia. Karya Aristophanes merupakan kumpulan komedi Yunani kuno terbesar yang masih ada. Karyanya yang paling terkenal mungkin adalah Lysistrata, di mana wanita melakukan pemogokan seks sampai suami mereka berdamai. Dia juga diyakini sebagai satu-satunya contoh yang masih hidup dari apa yang disebut “Komedi Lama”, berbeda dari “Komedi Baru” yang lebih realistis.

Virgil 70 – 18 SM

Virgil merupakan penyair Romawi terbaik selama era Romawi dan reputasi ini telah dipertahankan. Karya milik Virgil yang paling terkenal, meskipun belum selesai, adalah Aeneid mengenai kisah pendiri Trojan Roma, yang ditulis selama periode pemerintahan Augustus. Pengaruhnya telah dirasakan secara luas dalam sastra dan, karena puisi milik Virgil dipelajari di sekolah-sekolah Romawi, oleh anak-anak.

Horace 65 – 8 SM

Horace merupakan putra dari orang yang sebelumnya diperbudak, karir awal Horace ialah pemimpin unit di pasukan Brutus, yang dikalahkan oleh calon kaisar Romawi Augustus. Horace kembali ke Roma dan mendapatkan pekerjaan sebagai juru tulis perbendaharaan, sebelum mencapai ketenaran besar sebagai penyair dan satiris tingkat tertinggi, bahkan berkorespondensi dengan Augustus, sekarang kaisar, dan memuji dia dalam beberapa karya.

Dante Alighieri 1265 – 1321 M

Dante adalah seorang penulis, filsuf, dan pemikir politik, Dante menulis karyanya yang paling terkenal saat diasingkan dari Florence yang dicintainya, dipaksa keluar oleh perannya dalam politik saat itu. Divine Comedy telah ditafsirkan oleh setiap zaman dengan cara yang sedikit berbeda, tetapi telah sangat memengaruhi penggambaran populer tentang neraka, serta budaya, dan keputusannya untuk menulis dalam bahasa Italia daripada Latin membantu mendorong penyebaran bahasa sebelumnya di karya seni.

Giovanni Boccaccio 1313 – 1375

Boccaccio paling dikenal sebagai penulis Decameron, sebuah pandangan komik yang bersahaja dan tragis tentang kehidupan yang, karena ditulis dalam bahasa Italia, membantu meningkatkan bahasa tersebut ke tingkat yang sama dengan bahasa Latin dan Yunani. Tak lama setelah menyelesaikan Decameron Boccaccio berubah menjadi menulis dalam bahasa Latin, dan kurang dikenal hari ini adalah karyanya dalam beasiswa humanis selama periode tersebut. Bersama dengan Petrarch, dia dikatakan telah membantu meletakkan dasar Renaisans.

Demikian tujuh penulis yang berasal dari Eropa yang hingga saat ini karya – karyanya masih digunakan untuk drama, ditelaah, dan sebagainya.

Sumber : Wilde, Robert. (2020, August 27). Notable Writers from European History. Retrieved from https://www.thoughtco.com/notable-writers-from-european-history-1221216

Fiana Ronie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s