Perjalanan kereta baru paling mengasyikkan di Eropa

Simon Calder

Mungkin ada cara yang lebih memikat untuk menjelajahi Eropa daripada dengan kereta api, tapi saya terkutuk jika saya tahu apa itu. Di kereta, Anda menyusuri jalan melintasi tambal sulam lanskap, melintasi sungai besar dan kecil, melewati kota tanpa nama dan kota megah, meluncur melewati katedral dan kastil, melewati perbukitan dan jauh dengan ditemani pelancong yang berpikiran sama.

Jadi Januari adalah waktu yang ideal untuk merencanakan petualangan kereta api Anda berikutnya di Eropa.

Sekarang, seperti yang saya tulis pada Selasa sore, bahkan mencoba untuk menyeberangi Channel kemungkinan akan mencapai buffer. Tujuan kereta api internasional yang paling jelas bagi wisatawan Inggris, Prancis, ditutup untuk kedatangan dari Inggris.

Tetapi perubahan sedang terjadi untuk menghapus larangan perjalanan yang sia-sia dan tidak masuk akal ini bagi pengunjung yang divaksinasi penuh. Dengan aturan yang diatur untuk memudahkan di seluruh Benua, saya bertanya kepada para ahli apa yang paling mereka sukai ketika datang ke perjalanan kereta api di Eropa pada tahun 2022.

Tidak diragukan lagi tentang pilihan utama: Layanan Frecciarossa baru Trenitalia dari Paris ke Turin dan Milan, yang dimulai sebulan lalu. Kereta berkecepatan tinggi ini (Frecciarossa berarti “Panah Merah”) dari Italian State Railways bersaing langsung dengan layanan TGV SNCF yang sudah ada.

Itu dinominasikan oleh Susanne Kries dan Nicky Gardner, editor majalah Hidden Europe serta Mark Smith, guru kereta api internasional yang dikenal sebagai The Man in Seat 61.

Pengalaman di Italia menunjukkan bahwa ketika kereta ekspres bersaing, penumpang adalah pemenangnya. Mark memuji: “Kursi super kelas eksekutif dengan makanan dan prosecco gratis saat Anda melewati Pegunungan Alpen ke Italia.”

Susanne dan Nicky mengatakan “sangat menyenangkan melihat kereta Frecciarossa berhenti di Lyon Part Dieu, jadi sekarang bersaing langsung dengan SNCF TGV di rute bisnis tersibuk Prancis dari Lyon ke Paris”.

Layanan tidur menjadi agenda utama: kereta Nightjet baru dari Paris ke Salzburg dan Wina, serta kereta malam European Sleeper/Regiojet yang direncanakan akan dimulai musim panas ini dari Brussel dan Amsterdam ke Berlin, Dresden, dan Praha. Mark menunjukkan bahwa mereka “ideal untuk perjalanan dari Inggris yang terhubung dengan Eurostar di Paris atau Brussels”.

Nama-nama merek tersebut mungkin tampak asing. Nightjet adalah perusahaan Kereta Api Austria yang mulai membalikkan penurunan kereta sleeper, sementara Regiojet adalah operasi Ceko dan European Sleeper adalah start-up Belanda.

Saya mendeteksi resonansi sambutan dari hari-hari awal revolusi “tanpa embel-embel” dalam penerbangan Eropa, di mana persaingan memotong harga dan memperluas peluang.

Di kantor European Rail Timetable, Reuben Turner mengambil tema tersebut, mengutip Railcoop, operator “akses terbuka” Prancis dengan rencana untuk beroperasi dari Bordeaux ke Lyon mulai Desember, dan Iryo dari Spanyol. Seperti layanan London ke Edinburgh Lumo kami sendiri, Iryo adalah merek empat huruf konyol yang menawarkan lebih banyak persaingan antara dua kota besar: dalam hal ini Barcelona dan Madrid menggunakan kereta berkecepatan tinggi Italia.

SNCF tidak malas berinovasi dan akan segera meluncurkan Ouigo Vitesse Classique. Dan apakah itu? Penawaran kereta api tradisional Prancis dari abad ke-20 pada jaringan dari Paris ke Lyon pada rute lama melalui Dijon, serta dari ibu kota Prancis ke Nantes di pantai Atlantik melalui Tours atau Le Mans.

Idenya adalah Anda menukar kecepatan tinggi dengan tiket yang lebih murah – maksimum €30 (£25) bahkan untuk pemesanan menit terakhir – dan tetap di jalur daripada tergoda oleh gelombang baru operator bus, terutama Flixbus.

Rekan penjadwalan Reuben, John Potter, menunjukkan bahwa Spanyol terus memperluas apa yang sekarang menjadi jaringan berkecepatan tinggi paling luas di Eropa, dengan bentangan di Extremadura – barat daya Madrid – akan dibuka antara Plasencia dan Mérida akhir tahun ini.

Hadiah untuk rencana paling khusus untuk tahun 2022 jatuh ke Susanne dan Nicky: mengunjungi kota Bruck an der Mur di Austria tengah “untuk memastikan apakah ada orang di sana yang benar-benar menyadari bahwa, untuk kota berukuran sederhana (sekitar 15.000), mereka adalah yang kota kecil terbaik yang terhubung dengan rel di Eropa?”.

Dan dari sana, hanya perjalanan singkat ke kereta semalam langsung yang baru dari Wina ke Cluj Napoca di Rumania. “Sempurna untuk penggemar Bram Stoker Dracula,” kata pasangan Hidden Europe.

Dari berita politik, perjalanan, olahraga, budaya hingga iklim – The Independent memiliki sejumlah buletin gratis yang sesuai dengan minat Anda. Untuk menemukan cerita yang ingin Anda baca, dan banyak lagi, di kotak masuk Anda, klik di sini.

Sumber: MSN Lifestyle

eropah

Kabar Eropa adalah sebuah media non-profit yang menyajikan beragam hal tentang Eropa yang semoga membuat anda merasa lebih dekat dengan Eropa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s