Aliansi Pertahanan Keamanan Negara-Negara Benelux

Benelux adalah bentuk kemitraan antar pemerintah Belgium (BE), Netherlands (NE) dan Luxembourg (LUX) (Benelux.int. 2021). Selama Perang Dunia Kedua, pemerintah Belgia, Belanda, dan Luksemburg memutuskan untuk bekerja sama lebih erat. Benelux dimulai sebagai serikat pabean pada tahun 1944. Jadi, ketiga mitra tersebut memimpin pada langkah pertama menuju integrasi Eropa. Pada tahun 1958, penyatuan bea cukai antara Belgia, Belanda dan Luksemburg menghasilkan Perjanjian pembentukan Persatuan Ekonomi Benelux, yang memperluas dan memperdalam kerjasama ekonomi (Benelux.int. 2021). Benelux atau Uni Benelux dianggap sebagai model integrasi Eropa pertama yang pada awalnya merupakan bentuk Kerjasama ekonomi. Namun mereka selalu beradaptasi atas perubahan konteks sosial-politik (Edijono, 2015 : p.4), termasuk didalamnya saat ini mereka sudah memiliki Kerjasama yang membahas keamanan dan pertahanan bahkan terlibat di aliansi, institusi ataupun forum keamanan dan pertahanan di wilayah Eropa.

Tiga negara anggota Benelux, masing-masing memiliki keterlibatan pada aliansi, institusi ataupun forum pertahanan.  Seperti pada Aliansi atau Institusi yang ketiga negaranya terlibat yaitu ; Organization for Security and Co-operation in Europe (OSCE), North Atlantic Treaty Organization (NATO) ataupun forum multilateral seperti  Euro-Atlantic Partnership Council (EAPC). Selain itu, ada juga aliansi atau institusi keamanan dan pertahanan yang tidak diikuti Bersama oleh ketiga negara seperti The European Corps (Euro Corps) yang hanya diikuti Belgia dan Luksemburg sedangkan belanda tidak. Tetapi ada juga Fo(u)r Peace Central Europe (4-PCE)  yang diikuti oleh Belanda tapi Belgia dan Luksemburg tidak.

Sumber : Diagram Venn, diolah oleh Penulis
1. Organization for Security and Co-operation in Europe (OSCE)

Negara – negara Benelux  memiliki kontribusi di beberapa Aliansi/Institusi Keamanan  salah satu nya Organization for Security and Co-operation in Europe (OSCE). OSCE merupakan Organisasi antara pemerintah yang berorientasi keamanan terbesar di Dunia (www.osce.org, 2021 ). Secara historis, OSCE pada awalnya merupakan sebuah konferensi yang dibentuk tahun 1973 yang bernama Conference on security and Cooperation in europe (CSCE) di Helsinki, Finlandia yang menghasilkan Helsinki Final Act. Kemudian, Jatuhnya Uni Soviet membutuhkan peran CSCE untuk membuat sebuah perubahan besar yang kemudian menghasilkan The Charter of Paris for new Europe yang dikenal dengan Piagam paris  yang ditandatangani pada 21 November 1991 dan selanjutnya, Tepatnya pada 1 januari 1995 CSCE yang awalnya berbentuk konferensi secara resmi dibentuk menjadi OSCE sesuai dengan konferensi di Budapest, Hongaria pada tahun 1944 (www.osce.org, 2021 ).

OSCE memiliki pendekatan keamanan yang komprehensif yang mencakup aspek politik-militer, ekonomi dan lingkungan, dan manusia. Oleh karena itu, Oganisasi ini menangani berbagai masalah yang terkait dengan keamanan, termasuk pengendalian senjata, langkah-langkah pembangunan kepercayaan dan keamanan, hak asasi manusia, minoritas nasional, demokratisasi, strategi kepolisian, kontra-terorisme dan kegiatan ekonomi dan lingkungan. OSCE memiliki 57 negara peserta yang tersebar di wilayah Eropa, Asia Utara, Asia Tengah dan Amerika utara. Semua 57 negara peserta memiliki status yang sama, dan keputusan diambil dengan konsensus atas dasar politik, tetapi tidak mengikat secara hukum. Negara-negara Benelux juga turut menjadi peserta OSCE, Ketiga negara ini dihari yang sama melakukan Admission pada tanggal 15 Juni 1973. Ketiganya juga menandatangani Helsinki Final Act pada tanggal 1 agustus 1975 dan menandatangi Piagam Paris pada 21 November 1990 (www.osce.org, 2021 ).

2. North Atlantic Treaty Organization (NATO)

Perjanjian Atlantik Utara, yang membentuk  North Atlantic Treaty Organization (NATO) ditandatangani di Washington pada tanggal 4 April 1949 oleh 12 negara: Belgia, Kanada, Denmark, Prancis, Islandia, Italia, Luksemburg, Belanda, Norwegia, Portugal, Inggris dan Amerika Serikat. Pada awal pendiriannya, NATO dibentuk sebagai l Pasal 5 Perjanjian mendefinisikan komitmen pertahanan kolektif: “serangan bersenjata terhadap satu atau lebih [sekutu] di Eropa atau Amerika Utara akan dianggap sebagai serangan terhadap mereka semua” (otan.delegfrance.org , 2021).

NATO merupakan aliansi politik dan militer/keamanan yang terdiri dari 30 Negara Anggota dari Amerika Utara dan Eropa yang berkomitmen untuk memenuhi tujuan perjanjian Atlantik Utara (www.nato.int, 2021). NATO tetap relevan selama 71 tahun karena tetap berkomitmen pada tujuan, nilai-nilai dan prinsip-prinsip Perjanjian Atlantik Utara 1949 sementara pada saat yang sama terus beradaptasi dengan perubahan lingkungan strategis (Olsen, 2020. p.60). Saat ini markas besar/ Kantor pusat NATO berada di brussel, Belgia.

Jika dikaitkan dengan pembahasan ini, terkait konstribusi Negara-negara BENELUX di NATO, sudah sangat jelas bahwa ketiga negara yaitu Belgia, Luksemburg dan Belanda memiliki peran yang sangat penting di NATO. Karena, Ketiga negara ini termasuk kedalam 12 negara pendiri NATO yang turut serta menandatangani perjanjian Atlantik Utara pada 1949. Selain itu juga ketiga negara ini memiliki kontribusinya masing-masing pada perkembangan dan peran NATO.

Pertama, Belgia. Sejak 24 Agustus 1949, Belgia telah melakukan aksesi terhadap perjanjian NATO, tercatat belgia memiliki personil 28.800 pasukan militer aktif dan 5000 pasukan militer cadangan. Selain itu juga, Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya markas besar/ Kantor pusat NATO berada di brussel, Belgia. Itu artinya belgia sebagai tuan rumah memiliki kontribusi dan peranan yang penting di NATO. Kedua, Netherlands/Belanda. Sama seperti Belgia, pada 24 Agustus 1949, Belanda juga melakukan aksesi terhadap perjanjian NATO dan tercatat Belanda memiliki 35.410 pasukan militer aktif dan 4660 pasukan militer cadangan. Ketiga, Luksemburg, ditahun dan tanggal yang sama dengan Belgia dan Belanda. Luksemburg juga melakukan aksesi terhadap perjanjian NATO. Luksemburg juga memiliki 900 pasukan militer aktif & tidak memiliki militer cadangan (www.nato.int, 2021)

3. Euro-Atlantic Partnership Council (EAPC)

Euro-Atlantic Partnership Council (EAPC) adalah forum multilateral untuk dialog dan konsultasi tentang isu-isu terkait politik dan keamanan di antara Sekutu dan negara mitra yang beranggotakan 50 negara. Ini memberikan kerangka politik keseluruhan untuk kerja sama NATO dengan negara-negara mitra di kawasan Euro-Atlantik, dan untuk hubungan bilateral yang dikembangkan antara NATO dan masing-masing negara mitra di bawah program Partnership for Peace (PfP) (www.nato.int, 2021).

Secara historis, EAPC didirikan pada tahun 1997, untuk menggantikan North Atlantic Cooperation Council (NACC), dan menyatukan 26 Sekutu NATO dan 20 Mitra dalam sebuah forum yang menyediakan konsultasi dan kerja sama reguler. Forum tersebut dilakukan secara berkala di tingkat duta besar dan menteri luar negeri dan pertahanan, dan, jika perlu, kepala negara dan pemerintahan dari  negara anggota juga dapat ikut andil dalam forum EAPC (www.nti.org, 2011). Pada perkembangannya, EAPC juga telah mengambil inisiatif untuk mempromosikan dan mengoordinasikan kerja sama praktis dan pertukaran keahlian di bidang-bidang utama. Ini termasuk pemberantasan terorisme, keamanan perbatasan, dan masalah lain yang terkait dengan proliferasi senjata pemusnah massal dan senjata ringan dan senjata ringan. Kebijakan NATO/EAPC juga telah disepakati untuk mendukung upaya internasional dalam mendukung Resolusi Dewan Keamanan PBB 1325 tentang perempuan, perdamaian dan keamanan, serta untuk memerangi perdagangan manusia (www.nato.int, 2021).

Selanjutnya jika dikaitkan dengan kontribusi Negara-Negara Benelux tentu tidak dapat dilepaskan dari keaktifannya di NATO. Karena EAPC ini adalah forum multilateral untuk meningkatkan hubungan antara negara Anggota NATO dan Non anggota NATO. Selain itu, dalam perjalanan Panjang pelaksanaan forum EAPC ini Belgia tepatnya di brussel yang notabene kantor Pusat NATO sudah sangat sering dijadikan tuan rumah pelaksanaan Forum ini. Dalam beberapa kasus juga negara-negara Benelux melalui NATO dan Anggota EAPC secara teratur bertukar pandangan tentang masalah politik dan keamanan saat ini, termasuk situasi keamanan yang berkembang di Kosovo dan Afghanistan, di mana penjaga perdamaian dari negara-negara Sekutu dan mitra dikerahkan bersama. Konsultasi dan kerjasama jangka panjang juga berlangsung di berbagai bidang (www.nato.int, 2021).

4. The European Corps (Euro Corps)

Pada bulan Oktober 1991, Presiden Prancis François Mitterrand dan Kanselir Federal Jerman Helmut Kohl, sangat ingin menunjukan kedunia  terkait tanda-tanda yang terlihat dari rekonsiliasi antara Prancis dan Jerman sambil menggagas secara bersamaan gagasan tentang Pertahanan Eropa. Beberapa bulan kemudian, Mei 1992, kedua pemerintah memutuskan untuk mendirikan Markas Besar Korps Prancis-Jerman di Strasbourg, di mana kedua negara akan berbagi komando sekaligus menanggung permasalahan Bersama, korps tersebut dikenal dengan The European Corps (Euro Corps) (www.eurocorps.org, 2021). Tak lama kemudian, pemerintah Prancis dan Jerman memutuskan untuk membuka markas ini bagi anggota Uni Eropa Barat yang ingin bergabung.

Eurocorps adalah markas multinasional yang unik karena sejak awal sebagai Korps Prancis-Jerman, markas ini juga terbuka bagi negara lain yang ingin bergabung dan akan mendapatkan hak yang sama dengan negara pendiri. Dalam perkembangannya beberapa negara lain mulai bergabung seperti antara tahun 1993-1996 Belgia, Spanyol dan Luksemburg bergabung dengan Markas Besar Euro Corps. Masuknya ke tiga negara itu menjadikan Euro Crops terdiri dari 5 negara yang biasa disebut Framework Nations. Selanjutnya ada juga negara yang bejanji untuk bersendia menyumbangkan personil dan staff nya pada EuroCorps seperti Yunani, Italia, Polandia, Rumania, dan Turki biasanya disebut dengan Bangsa Asosiasi Eurocorps. Unit bawahan Euro Corps yang ditempatkan di Brigade prancis dan Jerman sejumlah 6000 Pasukan. (www.eurocorps.org, 2021).

Selanjutnya jika dikaitkan dengan kontribusi negara-negara Benelux. Terlihat bahwa hanya dua negara yang terlibat dalam EuroCorps yaitu belgia dan belanda yang mana keduanya juga termasuk dalam Framework Nations. Itu artinya dua negara Benelux yang terlibat memiliki peran penting dalam eurocrops. Adapun kedua negara ini juga mengalokasikan beberapa unit atau formasi militernya kepada markas korps antara lain Belgia berkontribusi mengirimkan brigade menengah ke-1 yang ditempatkan di Leopoldsburg selain itu ada Luksemburg yang mengirimkan kompi pengintai sebanyak 180 Tentara yang berbasis di Diekirch yang terdiri dari dua pleton pengintai satu plenton anti tank dan elemen pendukung logistik (www.eurocorps.org, 2021). Unit tersebut akan diintegrasikan kedalam kontribusi belgia selama operasi EuroCorps.

5. Fo(u)r Peace Central Europe (4-PCE)

Fo(u)r Peace Central Europe (4-PCE) merupakan bentuk Kerjasama militer berupa pelatihan militer Bersama yang berpusat di Jerman, Belanda, Swiss dan Austria. Kerjasama militer ini dibentuk dengan 2 tujuan yang tergambar di Namanya Fo(u)r yang berarti ada 4 negara yang terlibat dan For yang berarti mereka bertindak untuk perdamaian di wilayah eropa tengah dan saling bekerjasama untuk lebih luas menjaga perdamaian dunia, Kemitraan 4-PCE adalah inisiatif penting. karena berfokus pada standardisasi, harmonisasi dan sinkronisasi pendekatan selama misi (EAPTC, 2014).

Tercatat ada 4 negara peserta Kerjasama ini antara lain Jerman, Belanda, swiss dan Austria. Yang menarik dari Kerjasama ini adalah 2 negara anggotanya yaitu swiss dan Austria tidak tergabung didalam NATO. Jika dikaitkan dengan negara- negara Benelux, terlihat bahwa hanya belanda yang ikut andil dalam kemitraan 4-PCE ini. Keikutsertaan belanda dalam organisasi ini sejalan dengan sikap belanda yang cenderung lebih pasif pada sebuah aksi militer seperti invasi  atau Tindakan  keamanan militer lain tetapi ingin menjaga stabilitas perdamaian.  

Miftahul Khausar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s