5 Situs Warisan Dunia UNESCO Di Balkan

Semenanjung Balkan adalah wilayah dengan nilai sejarah, budaya, dan alam yang luar biasa. Ada berbagai wisata alam yang unik di kawasan dan kota bersejarah yang fenomenal, situs pemakaman kuno, dan arsitektur yang luar biasa. Puluhan dari mereka dilindungi sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO Balkan.

Artikel ini membahas semua Situs Warisan Dunia UNESCO di Balkan, khususnya di Slovenia, Kroasia, Bosnia dan Herzegovina, dan Montenegro. Jika kamu suka memeriksa hal-hal dari daftar saat bepergian, tempat – tempat ini harus ada di daftar tujuanmu. Ada lusinan Situs Warisan Dunia Balkan.

Gua Škocjan

Terletak di wilayah Karst Slovenia, Gua kocjan adalah salah satu atraksi alam paling mengesankan di bagian Eropa ini. Ini adalah sistem sungai dan air terjun bawah tanah yang luar biasa, doline yang runtuh, dan ruang bawah tanah, termasuk salah satu ngarai gua terbesar yang diketahui di bumi.

Gua-gua tersebut telah ditetapkan sebagai Warisan Dunia karena fitur geologisnya yang luar biasa. Ini adalah daerah di mana istilah geologi seperti “karst” dan “doline” berasal. Sejauh Situs Warisan Dunia UNESCO Balkan alami, gua-gua megah ini adalah salah satu yang paling mengesankan.

Istana Diocletian Di Split

Split, kota terbesar kedua di Kroasia, adalah rumah bagi reruntuhan Istana Diocletian. Kota ini ada karena itu. Istana Diocletian dibangun dari akhir abad ke-3 hingga awal abad ke-4 sebagai tempat peristirahatan Kaisar Romawi Diocletian. Kota Split berkembang di sekitarnya, pertama para pelayan perumahan dan orang-orang yang mendukung gaya hidup mantan kaisar, kemudian menjadi kota yang sebenarnya.

Katedral yang menjulang tinggi ini dibangun pada Abad Pertengahan dengan bahan-bahan yang diambil dari mausoleum kuno. Struktur lain di situs yang dilindungi ini adalah benteng abad pertengahan, gereja abad ke-13, istana Gotik abad ke-15, dan berbagai bangunan lain dengan gaya arsitektur lainnya. Istana Diocletian masih menjadi jantung Split. Mengunjunginya gratis karena situs ini terletak di pusat kota tua dan dihiasi dengan bar dan restoran, toko, dan museum.

Dataran Stari Grad

Dataran Stari Grad di pulau Hvar adalah lanskap pertanian unik yang terpelihara dengan baik yang diciptakan oleh penjajah Yunani pada abad ke-4 SM. Namun, digunakan hingga hari ini—pemandangannya didominasi oleh perkebunan anggur dan kebun zaitun—dataran tersebut masih terlihat persis seperti ribuan tahun yang lalu. Dinding batu dan tempat perlindungan batu memiliki tata letak yang sama seperti ketika orang Yunani mengolah dataran 24 abad yang lalu.

Kota Bersejarah Trogir

Membanggakan budaya yang sangat kaya, Trogir telah menuai keuntungan dari berabad-abad kekuasaan asing—dari Yunani hingga Romawi hingga Venesia. Tata letak jalan segi delapan kota berasal dari periode Helenistik dan ditingkatkan oleh penguasa berturut-turut yang menambahkan benteng dan bangunan umum yang indah.

Saat ini, kota bersejarah Trogir adalah kota Romawi-Gotik yang paling terpelihara di seluruh Eropa Tengah dan Tenggara. Sorotan mutlak adalah jantung abad pertengahan kota, dikelilingi oleh tembok berbenteng dan rumah bagi sebuah kastil, rumah-rumah tua, dan berbagai istana dalam gaya Romawi, Gotik, Renaisans, dan Barok.

Kota Tua Dubrovnik

Dijuluki “Mutiara dari Laut Adriatik,” Dubrovnik adalah tujuan wisata utama di Laut Adriatik. Terletak di pantai Dalmatian, kota kuno ini menjadi kekuatan Mediterania pada abad ke-13 dan tetap menjadi republik merdeka—dikenal sebagai Ragusa—selama beberapa abad. Itu adalah satu-satunya negara kota yang bisa menandingi Venesia dalam hal kekuatan laut dan perdagangan.

Salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO Balkan terbesar dan paling terkenal, Kota Tua Dubrovnik, adalah kota yang sangat terpelihara dengan baik, terdiri dari atap terakota, bangunan keagamaan, jalan berbatu, dan tembok kota yang besar dan ikonik. Saat ini, ini adalah atraksi yang sangat populer, tujuan kapal pesiar yang menarik ribuan pengunjung pada hari musim panas tertentu, dan tempat untuk digunakan sebagai basis untuk melakukan perjalanan sehari di sekitar area tersebut.

Sumber : chasingdonkey.com

Fiana Ronie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s