5 Destinasi Wisata Countryside Eropa Barat ini, menawarkan pengalaman berbeda

Destinasi Eropa Barat banyak memikat daya tarik wisatawan untuk berkunjung karena letak geografis antar negara yang saling berdekatan. Banyak wisatawan hanya berkunjung ke destinasi popular pusat kota Eropa Barat, padahal masih banyak destinasi eropa barat yang patut dikunjungi. Bagi wisatawan yang jenuh dengan destinasi pusat kota, dapat mencoba destinasi wisata yang berada di countryside- diluar pusat kota Eropa Barat. 5 destinasi wajib dikunjungi untuk mendapatkan pengalaman berbeda:

  1. Dune du Pilat, Prancis
Dune du Pilat France
Wisatawan sedang berjalan menuju puncak gurun pasir (Obonparis.com)

Tidak hanya negara timur tengah yang terkenal dengan destinasi gurun pasir, di Prancis tepatnya di kawasan teluk Archacon juga memiliki destinasi gurun pasir yang tak kalah indah yaitu, Dune du Pilat. Menurut Expatica.com, destinasi ini merupakan destinasi gundukan pasir tertinggi di Eropa.

Menjadi salah satu tempat paling ikonik untuk dikunjungi di Prancis, setiap tahun destinasi ini dikunjungi lebih dari satu juta wisatawan. Untuk berkunjung ke Dune du pilat wisatawan harus mempersiapkan stamina yang kuat untuk menaiki 154 anak tangga untuk mencapai puncak dan berjalan sepanjang 2,7 km di sepanjang punggungan pasir.

Menuju puncak sangatlah penuh perjuangan, namun pemandangan alam yang ditawarkan dengan melihat samudra Atlantik dan hijaunya hutan pinus akan terbayarkan. Selain itu, Dune du Pilat juga sering dijadikan sebagai tempat  olahraga paragliding.

2. AlpspiX, Jerman

Pemandangan di destinasi AlpspiX. (thetravelscribes.com)

Apakah kamu cukup berani untuk mengunjungi AlpspiX? AlpspiX terletak 50 m di di atas stasiun atas Alpspitzbahn, dekat Zugspitze – puncak gunung tertinggi di Jerman yang menawarkan pemandangan alam dari ketinggian lebih dari 2.100 m di atas permukaan laut.

AlpspiX berbentuk huruf “X” – struktur bajanya terdiri dari dua lengan bersilang dengan panjang 24 m dan lebar masing-masing 3 m. Di ujung keduanya terdapat teras pengamatan – terletak di atas jurang dengan kedalaman hampir 1000 m yangmembuat pemandangan terlihat menakjubkan. Meskipun sangat tinggi, destinasi ini aman untuk dikunjungi karena lantainya dilapisi dengan jeruji dan dinding kaca di setiap ujungnya.

AlpspiX juga menjadi salah satu tempat paling unik di Pegunungan Alpen Balvaria dan salah satu destinasi paling menantang di Jerman.

3. Danau Orta, Italia

San Giulio adalah pulau kecil di tengah danau Orta. (wikipedia.com)

Danau Orta salah satu danau terkenal di Italia yang wajib dikunjungi. Danau Orta terletak di Piedmont, Italia Utara. Danau Orta dikelilingi hutan lebat dan menghadap langsung ke arah pegunungan Alpen. Dikutip dari idntimes.com, danau ini memiliki keunikan terdapat sebuah pulau kecil bernama San Giulio yang dapat dikunjungi dengan menaiki kapal feri. Selain melihat keindahan danau, wisatawan juga dapat membeli cendramata ataupun sesuatu di pasar tradisonal sekitar danau Orta yang sudah ada sejak tahun 1220.

Danau Orta memiliki permukaan danau yang tenang, sehingga menjadikan danau ini sangat ideal untuk wisata olahraga air seperti water skiing dan Sailing Boat.

4. Spa, Belgia

Pemandian air panas atau spa di destinasi wisata The mers despa.
(Instagram/ themersdespa)

Tidak hanya dikenal dengan cokelat dan wafflenya, Belgia juga dikenal dengan budaya pemandian air panas alami atau dikenal dengan spa. Pada Juli 2021, UNESCO menetapkan kota Spa termasuk ke daftar situs warisan dunia UNESCO sebagai spa terbaik kedua dan atas sejarah luar biasa terhadap perkembangan spa Eropa. 

Dikenal sebagai Mutiara pegunungan Ardennes, Spa adalah kota Belgia yang indah yang terletak di lembah berhutan di tengah perbukitan bergelombang dan banyak mata air dan sungai. Banyak wisatawan berkunjung untuk mendapatkan pengalaman spa, menikmati berendam di kolam renang air panas dengan waktu yang lama. Air di Thermes de Spa berasal langsung dari mata air Clementine dan penuh dengan mineral alami yang dikenal baik untuk membersihkan kulit.

Dilansir dari CNN Indonesia.com, Spa pertama kali ditemukan abad ke-12 yang dipercaya hingga sekarang memiliki khasiat dapat menyembuhkan penyakit. Airnya yang kaya mineral juga dianjurkan diminum untuk memperkuat daya tubuh. Banyak tokoh penting yang telah mendatangi kota Spa untuk melakukan pemandian air panas alami seperti, Napoleon, Victur Hugo, dan Alexander Dumas.

5. Madurodam, Belanda

Wisatawan sedang melihat salah satu miniatur bangunan kota Belanda (theculturetrip.com)

Madurodam merupakan destinasi utama di Den Haag, Belanda. Destinasi ini terletak di kota Scheveningen yang menampilkan miniatur kota Belanda dengan model skala 1:25 termasuk tempat bersejarah dan bangunan-bangunan terkenal di Belanda.

Madurodam pertama kali dibuka sebagai destinasi wisata pada Juli 1952, sebelumnya didirikan sebagai monument untuk pahlawan George Maduro. Dilansir dari netherlandstourism.com Kota mini ini menerima lebih dari setengah juta pengunjung setiap tahun, kemudian pendapatan destinasi ini disalurkan ke Madurodam Support Fund Society untuk anak-anak yang membutuhkan.

Destinasi miniatur Belanda ini dibagi menjadi tiga tema area, tema arsitektur bangunan, kanal, dan pusat kota. Selain itu, ada taman yang menyerupai bola dunia, wisatawan dapat belajar tentang prestasi Belanda. Destinasi wisata ini cocok untuk semua usia, terutama jika pergi bersama keluarga karena disini juga tersedia taman bermain anak.

susinurdinaningsih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s