5 Makhluk Mitologi Yunani Yang Paling Populer

Negara Yunani ialah negara yang cukup banyak memiliki mitos mengenai makhluk – makhluknya. Karena banyak sekali makhluk mitologinya, sejarawan mampu mengetahui kondisi politik, agam, dan peradaban di Yunani Kuno. Banyak juga dari film seperti film Percy Jackson yang menampilkan makhluk mitos dari Yunani ini dengan bentuk yang gak masuk akal. Di artikel ini, aku akan mention 5 makhluk mitologi Yunani yang sering tayang di film – film, check it out!

  • Hydra

Hydra ialah salah satu makhluk mitologi Yunani yang paling terkenal. Makhluk ini berbentuk seperti naga atau ular dan memiliki sembilan kepala. Dan tahukah kamu, jika salah satu kepalanya dipotong akan tumbuh lagi hingga 2 kepala baru! Konon katanya, Hydra tinggalnya di rawa-rawa sekitar danau Lerna. Menurut ceritana mitologi, ada satu pahlawan yang bisa membunuh Hydra, yaitu putra dari Zeus dan Alkmene yang bernama Herakles.

  • Chimera

Aku yakin kalian pernah dengan dengan hewan satu ini, karena kerap kali makhluk ini dilambangkan sebagai lambang kekuatan setan. Chimera pernah di mention di anime Fullmetal Alchemist: Brotherhood. Digambarkan bahwa makhluk ini sebagai makhluk terkuat, yang bentuknya seperti kepala singa dan kambing dengan ekor ular dan bisa mengeluarkan api dari hidung dan mulutnya. Tahukah kamu bahwa Chimera ternyata anak dari Typhon dan Echidna dan juga saudara dari Hydra dan Cerberus! Meskipun Chimera kuat banget, tapi dia bisa dikalahin oleh Bellerophon dengan menunggang Pegasus.

  • Cerberus

Kalian pasti tau dong anjing berkepala tiga? Makhluk ini pernah muncul di Film Harry Potter. Julukan hewan ini adalah Cerberus atau “Iblis dari Liang”, maka dari itu dia disebut sebagai penguasa dunia bawah dan bisa menyemburkan api. Seperti di Film Harry Potter, bahwa fungsi dari Cerberus ini untuk menjaga agar gak ada arwah yang melarikan diri dari dunia arwah, dan Cerberus juga bisa melacak arwah yang berhasil kabur. Dan ternyata, Cerberus adalah anjingnya Hades, lho!

  • Minotaur

Banyak karakter dan game dan film yang sering mention makhluk mitologi satu ini. Seperti pada umumnya, kalau monster satu ini berbentuk badan manusia dengan kepala banteng yang dikutuk oleh Minos, Raja Kreta. Minotaur gak bisa berkeliaran dengan bebas karena dia dikurung di labirin yang cukup rumit. Tapi meskipun badan dia manusia, anak dari Pasifae dan seekor banteng ini suka makan manusia hingga orang-orang yang tinggal di Athena harus memilih 7 pemuda dan 7 gadis untuk dijadiin tumbal tiap tahunnya. Tapi jangan takut! Theseus yang awalnya menyamar jadi salah satu tumbal, mampu mengalahkan monster ini.

  • Medusa

Kalau makhluk mitologi yang terakhir ini, aku pasti tau banget kalian tau semua. Wanita cantik yang merupakan pendeta di kuil Athena ini bernama Medusa. Alkisah, ada wanita cantik yang merupakan seorang pendeta wanita di kuil milik Athena bernama Medusa. Diceritakan kalau si Medusa ini menjalin bersama Poseidon yang membuat Athena marah besar, jadi rambut Medusa diubah menjadi ular dan mengutuk siapapun bila ada yang menatap matanya akan berubah menjadi batu. Suatu hari, Perseus atas titah Raja Polidektes membunuh Medusa dan meminta kepala Medusa untuk jadikan hadiah.

Source : https://jalantikus.com/ragam/makhluk-mitologi-yunani/

Fiana Ronie

One thought on “5 Makhluk Mitologi Yunani Yang Paling Populer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s