Hal Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Berkunjung ke Spanyol !

TEMPAT YANG WAJIB DIKUNJUNGI
Dari banyaknya tempat yang menarik di Spanyol, untuk menentukan satu atau dua tempat yang wajib dikunjungi tentu saja tidak mudah. Akan tetapi, karya Gaudi di Barcelona (La Sagrada Familia atau Park Guell) dan Istana Alhambra di Granada merupakan tempat yang unik, menarik, dan tidak bisa ditemukan di tempat lain. Nah, sebelumnya aku udah pernah posting mengenai tempat-tempat itu, lho!

Check it out yah!

https://kabareropa.com/2021/08/25/bagaimana-kondisi-geografis-dan-iklim-di-spanyol/ https://kabareropa.com/2021/08/27/mengenal-lebih-dekat-sejarah-dan-budaya-spanyol/

WAKTU IDEAL UNTUK BERKUNJUNG

Lalu kira – kira waktu yang tepat untuk berkunjung ke Spanyol kapan ? Nah, sebelumnya aku pernah singgung mengenai kondisi geografis Spanyol yang relatif hangat sepanjang tahun dibandingkan negara Eropa lainnya. Saat musim dingin biasanya Spanyol tidak bersalju. Tidak sedikit warga Eropa Barat mengungsi mencari kehangatan di Spanyol.


Waktu ideal untuk berkunjung ialah pada bulan April-Mei dan September-Oktober. Pada bulan-bulan tersebut, cuaca di Spanyol paling nyaman untuk para wisatawan. Waktu-waktu ini juga merupakan puncak kunjungan wisatawan karena pada bulan-bulan inilah berbagai festival dan perayaan menarik digelar di Spanyol. Apalagi menjelang dan sesudah Paskah, saat rakyat Spanyol merayakan Semana Santa, wisatawan berbondong-bondong datang. Kalau kamu ingin melihat perayaan Semana Santa, aku saranin kamu udah pesan hotel jauh – jauh hari, karena banyak sekali yang ingin melihat perayaan itu. Oiya, kamu juga harus selalu check website tujuan wisatamu yah untuk memastikan apakah lagi tutup atau enggak.

PILIHAN RENCANA PERJALANAN

Selanjutnya aku masih kasih rekomendasi tentang rencana liburanmu di Spanyol. Ketika kamu cuma punya waktu sedikit ketika di Spanyol, kamu harus pilih tempat yang merupakan icon wisata negara itu. Yuk disimak !

RENCANA PERJALANAN 1 HARI

Kalau cuma punya satu hari aja di Spanyol, kamu benar-benar harus nentuin mau pergi kemana. Kalau kamu penggemar sepakbola, aku saranin berlibur di Madrid atau Barcelona. Kalau kamu penggemar bangunnan unik dan bersejarah seperti karya Gaudi, kamu juga bisa ke Barcelona. Tapi kalau kamu suka dengan pemandangan eksotis kamu bisa ke Alhambra, Granda.

RENCANA PERJLANAN 2-3 HARI

Jika kamu mempunyai waktu 2 – 3 hari untuk berkunjung ke Spanyol, ada beberapa pilihan rute perjalanan yang bisa dilakukan sesuai minatmu, nih!

City Hopping

Bagi kamu yang punya ketertarikan mengunjungi kota-kota besar Spanyol, Madrid, dan Barcelona bisa men jadi pilihan. Dalam waktu 2 – 3 hari, Anda bisa mengunjungi keduanya, baik mulai dari Barcelona maupun Madrid. Kalau datang ke Spanyol langsung dari Indonesia, kamu bisa pilih penerbangan langsung ke salah satu dari kedua kota tersebut. Tapi, bila kamu masuk dari negara Eropa lainnya, tersedia lebih beragam lagi alternatif transportasi menuju Barcelona atau Madrid. Banyak penerbangan hemat yang menghubungkan Madrid dan BarceIona dengan kota-kota besar Eropa lainnya. Madrid dan Barcelona sendiri berjarak sekitar 600 km dan bisa terhubung lewat pesawat, kereta, bus, atau berkendaraan sendiri.

Tur pantai
Pantai merupakan salah satu daya tarik Spanyol bagi Eropa. Jika tertarik menjelajah pantai di Spanyol, kamu bisa mengambil jalur: Barcelona – Tarragona kemudian menyeberang ke Pulau Balearik, atau Madrid —Malaga — Nerja.

RENCANA PERJALANAN 6 HARI

Selanjutnya, kalau kamu punya waktu 6 hari ke Spanyol kamu bisa mengunjungi tempat – tempat ini!

Perkiraan Biaya

Biaya per hari untuk perjalanan di Spanyol ini sekitar 35 euro per orang. Biaya tersebut, belum termasuk tiket perjalanan dan tiket masuk ke objek wisata.

Hal Penting Lain

Berikut ini adalah hal-hal penting yang harus kamu ketahui:

BAHASA

Di pusat-pusat turis, bahasa Inggris umum digunakan. Namun, ada baiknya membekali diri dengan kata-kata sederhana dalam bahasa Spanyol atau bahasa Catalan untuk mempermudah komunikasi, sekaligus sebagai salah satu bentuk penghargaan pada masyarakat setempat. Beberapa kata yang sering digunakan, yaitu :

Example words in spanish

Mata Uang

Spanyol yang tergabung dalam Uni Eropa menggunakan euro sebagai mata uangnya. Saat ini 1 euro bernilai sekitar 12 ribu rupiah. Mata uang ini bisa didapatkan melalui bank di Indonesia atau dengan penarikan langsung melalui ATM ketika telah sampai di Spanyol.

BANDARA INTERNASIONAL
Di Spanyol ada beberapa bandara internasional, yaitu Bandara Barajas di Madrid, El-Prat di Barcelona, Valencia International Airport di Valencia, San Pablo di Sevilla, dan Malaga International Airport di Malaga.

PEMBERIAM TIP

Illustration : man gives tip

Jika memperoleh pelayanan yang memuaskan misalnya di restoran, kamu bisa memberikan tip. Di Spanyol, pemberian tip umumnya tidak terlalu besar, hanya receh atau pembulatan ke atas dari pembayaran kita. Jika pelayanan yang diberikan benar-benar memuaskan, warga Spanyol biasanya memberikan tip maksimal 1-2 euro.

COPET

illustration : thief in Spain


Kamu harus tetap berhati-hati dengan barang bawaanmu, karena copet dan penipu banyak berkeliaran di Spanyol. Sebagai antisipasi, selalu fotokopi dokumen perjalananmu dan simpan nomor-nomor telepon penting untuk memblokir kartu kredit, ATM, dan lain-lain di tempat yang aman. Di restoran, jangan simpan tas atau kamera secara sembarangan. Selalu waspadalah dengan orang-orang yang mengaku polisi. Suapaya tidak dikenali secara mudah sebagai turis—sasaran empuk para copet dan penipu—jangan sering-sering mengeluarkan peta.

PERBEDAAH WAKTU

Indonesia dan Spanyol memiliki perbedaan waktu 5 jam pada bulan April-Oktober dan 6 jam pada November-Maret. Agar perjalananmu selama di Spanyol tidak terganggu akibat jetlag, sebaiknya selama perjalanan di pesawat, usahakan tetap terjaga dan mengerjakan banyak hal di pesawat. Jangan cepat-cepat tidur. Kalau memungkinkan, beberapa hari menjelang keberangkatan usahakan tidur lebih larut dari biasanya.

PUSAT INFORMASI WISATA

Setiap kota biasanya mempunyai kantor informasi wisata yang umumnya terletak di pusat kota, stasiun atau bandara. Ikon kantor ini biasanya dilambangkan dengan huruf”i”. Sebelum memulai perjalanan di suatu kota, ada baiknya jika berkunjung terlebih dahulu ke kantor itu. Di sana kamu akan mendapatkan peta secara gratis dan penjelasan yang lebih detail. Kamu juga dapat bertanya tentang seluruh informasi yang dibutuhkan dengan berbahasa Inggris, atau untuk lebih lengkapnya kamu bisa check websitenya https://www.spain.info/en/

Source : Aktaviyani & Sastriana. 2013. Best of Spanyol. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Fiana Ronie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s