Rayakan Hari Kemerdekaan, Ukraina Pamer Kekuatan Militer ke Russia

Ukraina merayakan hari kemerdekaannya dengan mengadakan parade militer pada Selasa, 24 Agustus 2021 di Kiev. Parade ini merupakan yang pertama setelah beberapa tahun, pada acara ini ditampilkan barisan pasukan, tank, pesawat tempur, misil dan drone. Pesawat Antonov An-225 menjadi bintang, pesawat kargo ini merupakan yang terbesar di Dunia. Keseruan parade ini bisa anda nikmati melalui channel Benni Sitanggang, Benni merupakan orang Indonesia yang sudah lebih 7 tahun menetap di Ukraina.

Barisan tank Ukraina, Reuters.com

Pasukan yang hadir dalam parade ini tidak hanya berasal dari Ukraina, namun juga dari sejumlah negara yang tergabung ke dalam NATO (North Atlantic Treaty Organization). Seperti dilansir euronews.com, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy menyerukan pesan persatuan aliansi NATO terutama untuk menghadapi ancaman dari Russia.

Barisan Pasukan Ukraina, Reuters.com

Gelaran parade Angkatan Laut Ukraina juga dilaksanakan di Odessa, Laut Hitam. Presiden Zelenskiy sebelum acara dimulai, menyampaikan pesan persatuan dan juga peringatan kepada Russia.

“Kita sedang berperang untuk rakyat, karna bisa jadi sekarang kita diokupasi, tapi mustahil untuk bisa mengokupasi rakyat yang cinta kepada Ukraina. Rakyat di Crimea dan Donbass akan kembali kepada kita, karna kita satu keluarga”

Cetus Presiden Zelenskiy, Reuters.com
Presiden Zelenskiy berpidato sebelum parade, Reuters.com

Hubungan antara Ukraina dan Russia memburuk setelah Russia mencaplok Semenanjung Crimea pada 2014 yang lalu. Total lebih dari 14.000 orang menjadi korban tewas, selama 7 tahun konflik ini menurut Pemerintah Ukraina. NATO yang juga terdiri dari negara besar seperti Amerika Serikat, Inggris, Perancis dan Jerman, terus berusaha untuk membantu Ukraina menyelesaikan konflik ini. Beberapa waktu lalu ketegangan muncul setelah Angkatan Laut Inggris dicegat oleh pesawat tempur Russia di Perairan Crimea, Inggris coba memberi pesan kepada Russia bahwa Crimea secara internasional tetap diakui sebagai bagian dari Ukraina. Pertemuan aliansi NATO sebelumnya diselenggarakan pada Senin, 23 Agustus 2021, pembahasan terutama pada isu resolusi konflik di Semenanjung Crimea.

Hibatul Wafi Khosy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s