UE Menargetkan 30 Juta Mobil Listrik pada 2030 – draft

Oleh: Kate Abnett

BRUSSELS (Reuters) – Uni Eropa akan menargetkan untuk memiliki setidaknya 30 juta kendaraan tanpa emisi di jalan-jalannya pada tahun 2030, karena berusaha untuk menjauhkan negara-negara dari transportasi berbasis bahan bakar fosil, menurut draf dokumen yang dilihat oleh Reuters.

Dalam strategi yang akan diterbitkan minggu depan, Komisi Eropa akan menjabarkan langkah-langkah untuk mengatasi seperempat emisi gas rumah kaca Uni Eropa yang berasal dari sektor transportasi.

“Tujuan netralitas iklim Uni Eropa pada tahun 2050 tidak dapat dicapai tanpa memperkenalkan langkah-langkah yang sangat ambisius untuk mengurangi ketergantungan transportasi pada bahan bakar fosil,” kata dokumen itu.

Mencapai blok target iklim akan membutuhkan “setidaknya” 30 juta kendaraan tanpa emisi pada tahun 2030, katanya.

Itu adalah langkah besar dari 1,8 juta kendaraan hibrida listrik dan plug-in yang terdaftar di Eropa pada akhir tahun lalu, menurut Dewan Internasional untuk Transportasi Bersih. Hibrida bukanlah kendaraan tanpa emisi.

Dengan negara-negara termasuk Prancis dan Slovenia menetapkan tanggal akhir untuk penjualan mobil berbahan bakar fosil baru, penjualan kendaraan rendah emisi di Eropa tumbuh dengan cepat, dan terus meningkat melalui pandemi virus corona tahun ini.

Namun, industri telah memperingatkan bahwa kurangnya infrastruktur dapat menghambat penjualan mobil bersih di masa depan.

Dokumen UE memperkirakan Eropa akan membutuhkan 3 juta titik pengisian umum dan 1.000 stasiun pengisian bahan bakar hidrogen pada tahun 2030, dan menjanjikan “rencana peluncuran dengan peluang dan persyaratan pendanaan” tahun depan. Eropa saat ini memiliki sekitar 200.000 titik pengisian daya.

Komisi menolak mengomentari rancangan tersebut, yang dapat berubah sebelum dipublikasikan.

Uni Eropa tahun depan akan mengusulkan standar emisi CO2 yang lebih ketat untuk mobil dan van mulai tahun 2025, dan draf dokumen mengatakan standar itu dapat diperluas untuk mencakup bus.

Dokumen itu juga mengatakan lalu lintas kereta api berkecepatan tinggi Eropa akan berlipat ganda pada tahun 2030 dan tiga kali lipat pada tahun 2050, sementara pesawat dan kapal tanpa emisi harus siap dipasarkan pada tahun 2035.

Pelaporan oleh Kate Abnett; pelaporan tambahan oleh Nick Carey; diedit oleh Jonathan Oatis

Sumber: Terjemahan bebas dari EU to target 30 million electric cars by 2030

eropah

Kabar Eropa adalah sebuah media non-profit yang menyajikan beragam hal tentang Eropa yang semoga membuat anda merasa lebih dekat dengan Eropa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s