Biden ke Inggris: Tidak ada kesepakatan perdagangan kecuali Anda (Inggris) menghormati pakta perdamaian Irlandia Utara

Translated from Al Jazeera

Kandidat presiden dari Partai Demokrat AS Joe Biden telah memperingatkan Inggris bahwa mereka harus menghormati perjanjian perdamaian Irlandia Utara tahun 1998 karena menarik diri dari Uni Eropa atau tidak akan ada kesepakatan perdagangan Amerika Serikat yang terpisah. Perdana Menteri Boris Johnson mengusulkan undang-undang baru yang akan melanggar protokol Irlandia Utara dari perjanjian perceraian Brexit yang berupaya menghindari perbatasan pabean fisik antara Irlandia Utara yang dikuasai Inggris dan Irlandia yang menjadi anggota UE.

“Kami tidak bisa membiarkan Perjanjian Jumat Agung yang membawa perdamaian ke Irlandia Utara menjadi korban Brexit,” kata Biden dalam tweet pada Rabu. “Setiap kesepakatan perdagangan antara AS dan Inggris harus bergantung pada penghormatan terhadap Perjanjian dan mencegah kembalinya perbatasan yang keras. Titik.” Johnson menegaskan dia membela tidak mengancam pakta Jumat Agung, yang mengakhiri 30 tahun kekerasan sektarian di Irlandia Utara antara serikat Protestan pro-Inggris dan nasionalis Katolik Irlandia.

Dia menuduh UE mencoba memecah belah Inggris dan meletakkan revolver di atas meja dalam pembicaraan untuk menetapkan aturan untuk sekitar $ 1 triliun dalam perdagangan tahunan setelah periode transisi pasca-Brexit Inggris berakhir pada akhir tahun. “PM telah menjelaskan secara jelas bahwa kami mengambil langkah-langkah ini secara tepat untuk memastikan bahwa Perjanjian Belfast ditegakkan dalam semua keadaan dan setiap default yang merugikan tidak secara tidak sengaja ikut bermain,” kata juru bicara Johnson.

Perdana menteri mengatakan Inggris harus memiliki kemampuan untuk memutuskan bagian dari Perjanjian Penarikan dengan UE jika London ingin menjunjung tinggi komitmen di bawah kesepakatan damai 1998. UE mengatakan pelanggaran apa pun terhadap perjanjian Brexit dapat menenggelamkan pembicaraan perdagangan, mendorong Inggris menuju jalan keluar yang berantakan ketika sepenuhnya berangkat pada 31 Desember, dan dengan demikian mempersulit perbatasan Irlandia Utara, satu-satunya perbatasan darat negara itu dengan UE.

Negosiator Brexit Uni Eropa Michel Barnier mengatakan kepada 27 utusan nasional blok itu pada hari Rabu bahwa dia masih optimis, tiga sumber diplomatik mengatakan kepada kantor berita Reuters. “Barnier masih yakin kesepakatan mungkin tercapai meskipun hari-hari berikutnya adalah kuncinya,” kata salah satu sumber Uni Eropa.

Johnson mengatakan kepada surat kabar The Sun bahwa Uni Eropa tidak boleh diizinkan untuk menyalahgunakan Inggris dan mengambil risiko kemitraan selama 40 tahun. Dia mengatakan Inggris harus “memagari” kesepakatan Brexit “untuk memasukkan sekat kedap air yang akan menghentikan teman dan mitra membuat interpretasi yang kasar atau ekstrim dari ketentuan tersebut”. Dia menggunakan contoh potensi permintaan UE untuk tarif makanan yang masuk ke Irlandia Utara dari Inggris. Analis Societe Generale mengatakan pada hari Kamis bahwa mereka sekarang melihat peluang 80 persen Inggris dan UE akan gagal mencapai kesepakatan perdagangan sebelum akhir tahun.

Bank of England, yang pada hari Kamis mempertahankan suku bunga tidak berubah, mengatakan kontak pasar telah “melaporkan kekhawatiran baru atas perkembangan Brexit baru-baru ini”. Prancis memperingatkan agar pembicaraan perdagangan Brexit tidak runtuh – sebuah langkah yang menurutnya bisa sesuai untuk beberapa di London.

“Kita seharusnya tidak jatuh ke dalam perangkap,” kata Clement Beaune, menteri urusan Eropa Prancis. “Kami tidak membutuhkan ceramah tentang kesepakatan damai Irlandia Utara dari Tuan Biden,” kata Duncan Smith kepada The Times. “Jika saya menjadi dia, saya akan lebih khawatir tentang perlunya kesepakatan damai di AS untuk menghentikan pembunuhan dan kerusuhan sebelum menguliahi negara-negara berdaulat lainnya.”

Biden, yang telah berbicara tentang pentingnya warisan Irlandia-nya, me-retweet surat dari Eliot Engel, ketua Komite Urusan Luar Negeri Dewan Perwakilan AS, kepada Johnson yang mendesaknya untuk menghormati kesepakatan Jumat Agung. Engel mendesak Johnson untuk “meninggalkan setiap dan semua upaya yang dipertanyakan secara hukum dan tidak adil untuk mencemooh protokol Perjanjian Penarikan Irlandia Utara” untuk menjaga perdamaian di provinsi dan hubungan baik AS-Inggris.



Categories: Ekonomi, Politik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: