Peluncuran Ulang Prancis: Pemerintah mengumumkan rencana stimulus ekonomi $118 miliar

Pemerintah Prancis telah merinci rencana stimulus 100 miliar euro ($ 118 miliar) untuk menghapus efek ekonomi dari krisis virus korona selama dua tahun, memasukkan miliaran euro dalam investasi publik, subsidi, dan pemotongan pajak. Rencana – dijuluki “Peluncuran Ulang Prancis” – khususnya, 35 miliar euro ($ 41 miliar) untuk membuat ekonomi terbesar kedua zona euro itu lebih kompetitif, 30 miliar euro ($ 35 miliar) untuk skema energi yang lebih ramah lingkungan dan 25 miliar euro ($ 30 miliar) untuk pekerjaan pendukung, para pejabat mengatakan kepada kantor berita Reuters menjelang presentasi resminya pada Kamis malam. Dengan rencana yang setara dengan 4 persen dari produk domestik bruto (PDB), Prancis menanam lebih banyak uang publik ke dalam ekonominya daripada negara besar Eropa lainnya sebagai persentase dari PDB, kata salah satu pejabat. Perdana Menteri Prancis Jean Castex mengatakan dia berharap rencana pemulihan ekonomi akan menciptakan 160.000 pekerjaan pada tahun 2021. Berbicara di radio RTL, dia juga mengatakan rencana itu bertujuan untuk menghapus dampak ekonomi dari krisis virus korona selama dua tahun serta membantu mencegah meluasnya pekerjaan. kerugian.

Taruhan berisiko

Ini adalah langkah politik berisiko tinggi bagi Presiden Emmanuel Macron. Pemerintahnya mengandalkan rencana untuk mengembalikan ekonomi ke tingkat aktivitas sebelum krisis pada tahun 2022 setelah menderita tahun ini yang diperkirakan kementerian keuangan akan menjadi resesi pasca-perang terburuk dengan kontraksi 11 persen, di antara kemerosotan terbesar di Eropa. . Rebound awal setelah berakhirnya penguncian nasional pada bulan Mei tampaknya mulai meruncing. Langkah-langkah cuti telah membantu menahan pengangguran untuk saat ini, tetapi bisa meningkat tajam dalam beberapa bulan mendatang.

Membayangi prospek suram adalah pemilihan presiden pada April 2022, membuat Macron tidak punya waktu untuk kesempatan lain pada transformasi kebijakan yang menentukan sebelum dia menghadapi para pemilih. Rencana pemulihan ekonomi juga bertujuan untuk mengembalikan dorongan pro-bisnis Macron ke jalurnya dengan pemotongan yang sudah ditandai dalam pajak bisnis senilai 10 miliar euro ($ 12 miliar) per tahun dan dana publik segar untuk meningkatkan sektor industri, konstruksi dan transportasi Prancis.

Para pejabat mengatakan sektor transportasi akan mendapatkan 11 miliar euro ($ 13 miliar) dengan 4,7 miliar euro ($ 5,5 miliar) yang menargetkan jaringan kereta api khususnya sementara renovasi bangunan hemat energi akan didorong dengan empat miliar euro ($ 4,7 miliar) untuk bangunan umum dan dua. miliar euro ($ 2,4 miliar) untuk rumah.

Industri hidrogen, yang semakin dipandang sebagai blok bangunan utama dalam transisi menjauh dari bahan bakar fosil, akan mendapatkan dua miliar euro ($ 2,4 miliar) selama dua tahun rencana stimulus. Satu miliar euro ($ 1,2 miliar) lainnya akan ditawarkan dalam bantuan langsung untuk proyek industri, termasuk 600 juta euro ($ 709 juta) untuk membantu perusahaan merelokasi pabrik di luar negeri kembali ke Prancis.

‘Sangat Prancis’

Pemerintah memperkirakan bahwa France Relaunch akan mengembalikan output ekonomi ke level 2019 pada tahun 2022, menurut pejabat di kantor perdana menteri, sementara juga memiliki dampak jangka panjang yang akan meningkatkan potensi pertumbuhan sebesar satu poin persentase dalam 10 tahun dari sekarang. “Ini adalah kombinasi bijak dari dorongan jangka pendek untuk permintaan melalui perlindungan pekerjaan dan pasokan jangka panjang melalui investasi,” kata kepala ekonom Allianz Ludovic Subran kepada kantor berita Bloomberg. “Tapi ini sangat Prancis dalam hal tujuan menyelesaikan semuanya dalam satu rencana. Tidak ada kemungkinan untuk mendukung bisnis dan rumah tangga dalam menanggapi pandemi yang berubah. “

Pemerintah di seluruh Eropa merencanakan stimulus tambahan karena virus korona terus menyerang ekonomi. Di Jerman, blok penguasa Kanselir Angela Merkel pada Selasa mendukung rencana yang memungkinkan pengeluaran defisit yang luar biasa tahun depan. Tetapi banyak negara telah meningkatkan keuangan mereka. Dalam kasus Prancis, pengeluaran darurat telah mendorong beban utang menjadi sekitar 120 persen dari hasil ekonomi – tingkat yang telah diperingatkan oleh bank sentral agar tidak melebihi pemerintah. Sekitar 80 miliar euro dari keseluruhan biaya rencana Prancis akan membebani langsung defisit anggaran, dengan subsidi UE mengimbangi 40 miliar euro ($ 47 miliar), kata para pejabat.



Categories: Ekonomi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: