Jerman bertujuan untuk meningkatkan hingga € 6 miliar dalam penjualan obligasi hijau pertama

Translated from Financial Times

Jerman diperkirakan akan menjual obligasi pemerintah hijau pertamanya minggu depan, dalam kesepakatan yang diprediksi investor akan meningkatkan pasar untuk utang terkait dengan pengeluaran untuk proyek lingkungan. Kementerian keuangan Jerman mengatakan kepada investor melalui telepon pada hari Kamis bahwa pihaknya berencana untuk mengumpulkan hingga € 6 miliar dari penjualan obligasi 10 tahun baru, menurut dua orang dalam panggilan itu. Sindikasi tersebut adalah awal dari program yang bertujuan untuk mengumpulkan hingga € 12 miliar tahun ini dan pada akhirnya akan menyebabkan negara tersebut menerbitkan hutang hijau dua, lima dan 30 tahun.

Hasil dana dialokasikan untuk proyek-proyek hijau, dengan pemerintah mengidentifikasi € 12,7 miliar dari pengeluaran yang memenuhi syarat dalam anggaran federal 2019, mulai dari pembangunan jalur kereta api dan sepeda baru hingga penelitian energi terbarukan. Angela Merkel, kanselir Jerman, telah berulang kali menekankan bahwa pengeluaran untuk perlindungan iklim harus memainkan peran sentral dalam pemulihan Eropa dari pandemi virus korona. Jerman bukan negara pertama yang menerbitkan obligasi hijau, kelas utang yang menjamur dalam beberapa tahun terakhir di tengah tuntutan untuk aset yang terkait dengan tujuan lingkungan, sosial dan tata kelola – yang disebut investasi ESG. Aset dalam dana dengan tujuan “berkelanjutan” telah membengkak di atas $ 1 triliun secara global, lebih dari dua kali lipat dalam tiga tahun terakhir, menurut Morningstar. Prancis menjual obligasi hijau berdaulat pertamanya pada awal 2017, yang diikuti oleh banyak penerbitan lain dari negara-negara Eropa termasuk Belanda, Irlandia, dan Polandia.

 Penjualan obligasi hijau Jerman bisa menjadi perkembangan yang paling signifikan untuk sektor ini, meskipun Berlin terlambat datang ke pasar. Hutang negara dianggap yang paling aman di zona euro, dan berfungsi sebagai patokan bebas risiko untuk obligasi di seluruh blok. Penjualan obligasi Jerman akan menjadi titik referensi untuk menentukan harga utang hijau di sepanjang kurva jatuh tempo, yang dapat mendorong lebih banyak pemerintah dan perusahaan untuk memasuki pasar, menurut manajer investasi. “Sampai sekarang Anda tidak memiliki aset bebas risiko yang sebenarnya di ruang obligasi hijau,” kata David Zahn, kepala pendapatan tetap Eropa di Franklin Templeton. “Sebagian besar negara di ruang ini telah menerbitkan satu atau dua obligasi, tetapi tidak ada yang memiliki kurva. Membangun kurva penuh akan membantu perusahaan penerbit obligasi hijau dengan bertindak sebagai referensi. ” Alexander Schubert, manajer portofolio senior di Union Investment, mengatakan langkah itu “sangat penting, karena memiliki efek sinyal”: itu harus mendorong emiten lain, baik itu perusahaan dan pemerintah, untuk menerbitkan obligasi hijau dan keberlanjutan.

 Masalah minggu depan kemungkinan akan menarik minat yang kuat dari investor, tambahnya. “Anda akan melihat minat yang besar untuk ikatan ini.” Obligasi hijau Jerman akan “dipasangkan” dengan jaminan konvensional dengan jatuh tempo dan kupon yang sama. Setelah obligasi dijual, investor akan dapat menukar obligasi hijau mereka dengan obligasi konvensional setiap saat, struktur yang dirancang untuk menghilangkan ketakutan bahwa sekuritas hijau yang lebih kecil dan kurang likuid akan diperdagangkan dengan harga lebih rendah. Kementerian akan berusaha untuk memastikan harga green twin selalu setidaknya pada obligasi konvensional, dengan membeli obligasi hijau jika turun di bawah level tersebut. Obligasi yang dijadwalkan untuk minggu depan diharapkan memiliki imbal hasil yang serupa dengan kembarannya, yang saat ini diperdagangkan pada minus 0,46 persen.



Categories: Ekonomi

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: