UE Memberi Lampu Hijau Untuk Paket Bantuan Negara € 290 Juta Untuk Brussels Airlines Yang Kesulitan

Translated from Euronews

Komisi Eropa memberi lampu hijau pada hari Jumat bagi pemerintah Belgia untuk menyuntikkan € 290 juta bantuan negara ke Brussels Airlines, maskapai penerbangan Belgia yang sakit yang telah terpukul parah oleh pandemi yang sedang berlangsung. Brussels Airlines, anak perusahaan SN Group yang pada gilirannya dimiliki oleh Lufthansa Group, akan menerima pinjaman € 287 juta yang harus dibayar selama enam tahun, serta tambahan ekuitas € 3 juta.

Wabah virus korona telah menjadi masa uji coba bagi industri penerbangan, membuat sejumlah pemerintah Eropa turun tangan untuk menyelamatkan perusahaan penerbangan lama dari kebangkrutan. Mengingat kemerosotan ekonomi saat ini yang disebabkan oleh pandemi virus korona, UE telah melonggarkan aturan tentang bantuan negara bagi perusahaan untuk memberi negara anggota lebih banyak kebebasan untuk menopang ekonomi mereka.

“Brussels Airlines memainkan peran penting dalam hal pekerjaan dan konektivitas di Belgia. Maskapai ini menderita kerugian besar sebagai akibat dari pembatasan perjalanan yang diberlakukan Belgia dan pemerintah lain untuk membatasi penyebaran virus, “kata Margrethe Vestager, Wakil Presiden dan Komisaris Persaingan Uni Eropa.” Dengan dukungan € 290 juta ini paket, yang sebagian besar berbentuk pinjaman dengan suku bunga bersubsidi, tetapi juga termasuk suntikan ekuitas kecil, Belgia akan menyediakan SN Group, yang dimiliki oleh Brussels Airlines, dengan likuiditas yang sangat dibutuhkan untuk menahan dampak krisis saat ini ,” dia menambahkan.

“Pada saat yang sama, Belgia akan diberi upah yang cukup untuk risiko yang ditanggung oleh pembayar pajak, dan dukungan akan datang dengan syarat untuk membatasi distorsi persaingan.” Menteri Keuangan Belgia Alexander De Croo, yang membantu membuat kesepakatan, menyambut baik keputusan UE. “Signifikansi ekonomi tidak dapat terlalu ditekankan. Bandara Brussel adalah pusat ekonomi terpenting kedua negara kami dan menciptakan banyak kemakmuran,” kata De Croo. Maskapai ini membukukan kerugian sebesar € 182 juta untuk paruh pertama tahun 2020, mendorong perusahaan untuk mengumumkan restrukturisasi yang membayangkan pemecatan seperempat staf perusahaan dengan sekitar 1.000 pekerjaan dalam bahaya.



Categories: Ekonomi

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: